Penyakit kulit adalah segala jenis gangguan atau kondisi yang menyerang lapisan penutup tubuh yang berupa lapisan epidermis. Gangguan ini bervariasi, mulai dari gangguan ringan seperti jerawat musiman, dan gangguan berat seperti melanoma atau kanker kulit. Jika kondisi paling ringan hanya menimbulkan asa gatal, sedikit nyeri, atau perubahan kecil pada kulit, penyakit terberat bisa menimbulkan perubahan drastis pada penampilan bahkan dapat membahayakan nyawa.

Penyakit Kulit

Di antara semua jenis penyakit kulit yang bisa menyerang manusia, ada jenis-jenis penyakit atau gangguan yang cukup sering terjadi dan bisa ditemukan di semua negara, serta bisa dialami oleh bermacam kelompok usia dan semua jenis kelamin.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit kulit yang paling umum terjadi, disertai cara penyembuhannya:
  1. Jerawat
    Jerawat merupakan kondisi kulit paling umum yang dialami hampir semua manusia pada masa-masa tertentu dalam kehidupan mereka (terutama pada masa pubertas). Jerawat terjadi ketika kotoran dan bakteri dalam pori-pori kulit mengakibatkan penyumbatan dan infeksi.

    Jerawat bisa disembuhkan asal penderitanya menerapkan gaya hidup bersih, rajin membersihkan wajah dengan produk yang cocok dan tidak memencet jerawat sampai sembuh, atau akan berbekas.
  2. Kutil
    Kutil adalah sejenis bintil yang diakibatkan oleh virus yang disebut HPV (Human Papilloma Virus). Kutil sebenarnya merupakan penyakit kulit yang tidak mengancam jiwa, tetapi keberadaannya bisa sangat mengganggu penampilan sehingga harus diangkat, terutama jika jumlah banyak dan menyebar di permukaan kulit yang terbuka.
  3. Rosacea
    Ini juga merupakan penyakit kulit yang umum dijumpai dimana penderitanya biasanya memiliki noda atau rona merah atau lesion (pembengkakan) berwarna kemerahan yang sering terasa panas dan gatal. Penyakit ini belum ada obatnya, tetapi dokter kulit bisa meresepkan semacam krim atau sabun khusus untuk mengurangi tingkat keparahan gejalanya.
  4. Psoriasis
    Penyakit kulit ini umum ditemukan pada orang yang berusia 30 tahun ke atas Gangguan kulit ini ditandai dengan peradangan dan pergantian kulit yang terlalu cepat pada siku, telapak tangan, kaki, wajah atau punggung bawah sehingga menimbulkan kesan seperti bersisik. Psoriasis tidak berbahaya.
  5. Impetigo
    Ini adalah penyakit kulit yang kerap menyerang anak-anak usia 2 hingga 6 tahun Bakteri Streptococcus atau Staphylococcus menyusup masuk lewat luka terbuka dan menyebabkan infeksi kulit berupa ruam merah dan bernanah, yang kemudian bisa membentuk koreng.
  6. Eksim
    Penyakit ini merupakan semacam radang kulit yang berkepanjangan dan sering muncul di area seperti sela-sela jari, siku, tumit, kaki dan belakang lutut. Eksim bisa diobati dengan salep atau obat oles khusus.
Semua penyakit kulit di atas tergolong tidak berbahaya. Sangat besar kemungkinan bagi siapa saja untuk terserang salah satu dari penyakit ini (terutama jerawat). Akan tetapi, resiko itu bisa diperkecil dengan mempertahankan gaya hidup bersih dan sehat. Kalaupun terlanjur terserang penyakit kulit, dokter bisa meresepkan pengobatan yang sesuai dengan gangguan yang dialami.

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon