Masalah bau tidak sedap tidak hanya terjadi pada tubuh. Bau mulut juga bisa sangat mengganggu, bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri anda saat berbicara dengan orang lain. Ada beberapa hal yang menyebabkan bau mulut; misalnya, karena jarang menggosok gigi, konsumsi makanan tertentu, dan bahkan karena penyakit. Cara menghilangkan bau mulut bisa dengan berkumur menggunakan cairan antiseptik atau dengan bahan-bahan alami.

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Menggosok gigi adalah cara paling mudah untuk menghilangkan bau mulut dan membersihkan mulut dan gigi dari segala kotoran. Selain mulut yang bersih, kesehatan gigi pun akan tetap terjaga. Namun, jika setelah menggosok gigi nafas anda masih bau, berarti anda perlu mengambil tindakan untuk mencegah memburuknya bau mulut anda. Cairan antiseptik bisa bekerja lebih cepat mengatasi bau mulut, namun sifatnya hanya sementara, karena hanya sebagai obat luar.

Selain faktor kesehatan dan kebersihan mulut, bau mulut juga bisa disebabkan oleh pola konsumsi yang tidak tepat, sehingga terjadi gangguan pada sistem pencernaan anda. Oleh sebab itu, cara menghilangkan bau mulut juga dilakukan dengan mengkonsumsi atau menggunakan bahan-bahan alami yang bekerja dari dalam tubuh, untuk menghambat terpancarnya bau yang tidak enak dari aroma tubuh atau nafas. Berikut adalah sejumlah bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.
  1. Campuran jeruk nipis dan madu,
    Jaruk nipis dan madu memliki kandungan yang dapat menghilangkan bakteri dalam mulut. Caranya cukup sederhana yaitu dengan mencampur air perasan jeruk nipis dan madu untuk mengurangi rasa asamnya. Campuran kedua bahan tadi diminum secara rutin setiap harinya.
  2. Air daun sirih,
    Daun sirih yang direbus ternyata ampuh untuk mengatasi bau mulut. Caranya yaitu dengan meremas beberapa lembar daun sirih yang masih segar, selanjutnya direbus sambai getahnya keluar. Air rebusan tadi bisa digunakan untuk berkumur secara rutin. Daun sirih diyakini memiliki khasiat sebagai anti-septik untuk membunuh kuman-kuman di dalam mulut.
  3. Mengkonsumsi buah-buahan,
    Buah-buahan yang ampuh untuk mengatasi bau mulut adalah buah yang kaya akan air dan vitamin C. Contohnya adalah jambu, apel dan lain-lain. Selain buah-buahan tersebut, buah yang banyak mengandung serat juga sangat dianjurkan karena juga sangat bermanfaat untuk membersihkan gigi.
  4. Mengunyah permen mint,
    Cara yang paling mudah yang bisa dilakukan setiap saat adalah mengkonsumsi permen mint. Perment mint dapat menyegarkan nafas sehingga bau mulut pun akan hilang. Namun, khasiat penghilang bau mulutnya juga hanya bekerja selama bau mint masih tersisa di mulut anda, bukan untuk mengobati.
  5. Menghindari makanan-makanan tertentu, seperti bawang, durian, jengkol dan masih banyak lagi.
Demikianlah cara menghilangkan bau mulut yang bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami. Cara-cara ini tentunya sangat mudah diterapkan dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Kuncinya hanyalah ketekunan anda untuk melakukannya secara rutin.

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon