Penyakit jantung, termasuk jantung koroner adalah penyakit yang menduduki peringkat pertama paling banyak membunuh orang di dunia, terutama di negara-negara maju. Penyakit jantung sering terlambat disadari sampai terjadinya serangan karena ciri-ciri penyakit jantung ini kadang tampak sepele. Keterlambatan penanganan disebabkan karena penderita dan orang-orang di sekitarnya tidak menyadari bahwa pasien terkena serangan jantung dan hal itu tidak jarang mengakibatkan resiko yang paling buruk, yaitu kematian.

Ciri-ciri Penyakit Jantung

Penderita serangan jantung koroner, atau angin duduk dalam bahasa awamnya misalnya, sering menganggap bahwa dirinya hanya terkena masuk angin karena memang memiliki ciri-ciri yang mirip, padahal itu adalah gejala awal serangan. Tidak ada salahnya Anda menambah pengetahuan tentang penyakit ini, sehingga bisa mengenali gejala terjadinya serangan jantung baik pada diri Anda sendiri atau orang lain.

Gejala Penyakit Jantung

Jika ada salah seorang dari orang tua atau kerabat Anda memiliki penyakit jantung, Anda bekerja dalam lingkungan yang penuh tekanan dan stres, Anda penderita tekanan darah tinggi, atau memiliki kadar kolesterol  darah yang tinggi, maka Anda patut meningkatkan kewaspadaan karena Anda termasuk orang yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung. Berikut adalah gejala awal penyakit jantung
  1. Sering merasakan nyeri dada yang sangat dengan gejala seperti ditusuk-tusuk dan panas
  2. Sering mengalami dada berdebar-debar, sesak napas, atau napas yang pendek karena kurangnya pasokan oksigen ke jantung
  3. Kesemutan di beberapa bagian tubuh disertai munculnya keringat dingin
  4. Rasa sakit di rahang yang kemudian menjalar ke kepala dan lengan
  5. Merasakan gangguan pencernakan seperti mual dan muntah
  6. Kadang-kadang penderita sampai pusing dan pingsan
Jika Anda merasakan gejala seperti yang telah diulas di atas, atau mengetahui orang-orang terdekat Anda mengalami gejala ini, segeralah pergi atau membawa penderita ke unit gawat darurat terdekat, karena waktu seringkali yang menjadi faktor untuk dapat menolong jiwa pasien. Dengan mengetahui ciri-ciri penyakit jantung, anda bisa melindungi diri dari penyakit jantung.

Anda bisa memulai menjalankan pola hidup sehat seperti, tidak merokok dan mengonsumsi alkohol, menjaga kadar kolesterol dalam darah dengan menjaga pola makan, menghindari stres, rajin berolahraga, dan perbanyak makan buah dan sayur. Buah dan sayur yang dianjurkan untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan jantung adalah bayam, alpukat, dan kacang-kacangan. Bayam adalah sayuran yang banyak mengandung kalium yang baik bagi kesehatan jantung Anda, sedangkan alpukat adalah buah yang mengandung tujuh jenis serat kalium dan vitamin E yang juga dapat memelihara kondisi jantung Anda. Kacang-kacangan yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga jantung tetap sehat adalah kacang almond dan kacang mete, karena banyak mengandung omega 3.

3 komentar

Sya sering mengalami sakit dada sebelah kiri menjular sehingga ke punggung sebelah kiri.. sebelumnya sya mengalami jantung berdebar debar dan berkeringat dingin tetapi skg gejalanya sdh hilang, cuma dada kiri masih terasa sakit, sy sd menjalankan ujian Ecg dan ternyata haslinya normal.simptom yg sya alami ini sbnarnya apa ya?

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon