Ada beberapa penyakit mata yang bisa menyebabkan kebutaan, sehingga disebut dengan penyakit bebahaya serta harus dihindari yaitu dengan menjaga kesehatan mata. Ada juga beberapa penyakit mata ringan tetapi dapat berakibat fatal bila tidak segera diobati. Untuk mencegah timbulnya penyakit-penyakit tersebut tentunya kita harus selalu menjaga kesehatan mata dengan teratur dan rutin sehingga hal tersebut dapat dihindarkan. Mata merupakan jendela hati sebab cerminan dari jiwa kita. Mata juga rawan akan penyakit untuk itu mari kita simak beberapa penyakit yang bisa menyerang mata, berikut daftarnya:

Jenis – Jenis Penyakit Mata serta Pencegahannya
  • Kebutaan, merupakan kondisi dimana persepsi visual berkurang karena faktor fisik serta neurologi, yang berakhir dengan hilangnya penglihatan. Kebutaan tidak dapat diobati hanya dengan kacamata/lensa kontak saja. Kebutaan dibagi menjadi 2 bagian yaitu parsial dan lengkap. Kebutaan parsial adalah kebutaan yang mempunyai pandangan terbatas. Kebutaan lengkap adalah kebutaan yang tidak bisa melihat sama sekali. Penyakit kebutaan ini bisa terjadi secara mendadak. Kebutaan ini bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah:
    • Kecelakaan atau luka di permukaan mata,
    • Diabetes,
    • Galukoma, yang mengacu pada keadaan mata yang menimbulkan kerusakan pada syaraf penglihatan,
    • Degenerasi makula, merupakan gangguan mata yang secara perlahan dapat menurunkan ketajaman dan penglihatan sentral, sehingga sulit untuk melakukan penglihatan secara detail misalnya membaca dan menulis.
    Seiring dengan semakin majunya dunia medis, penyakit kebutaan bisa disembuhkan dengan implan steroid, yaitu dengan menyuntikkan obat anti inflamasi di daerah dekat retina. Tetapi biayanya sangat mahal. Berikut beberapa tips supaya terhindar dari kebutaan, seperti: memakai sunglasses supaya terhindar dari pancaran sinar UV, terapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin A, periksakan mata secara rutin jika telah mencapai usia 35 tahun, lebih berhati-hati dalam memakai lensa kontak.
  • Katarak, merupakan sebuah kondisi dimana ada kekeruhan pada lensa mata yang bisa terjadi akibat hidrasi lensa atau penambahan cairan dan denaturasi protein lensa. Biasanya kekeruhan menyerang kedua mata serta berjalan progressif/bisa tidak mengalami perubahan sama sekali dalam jangka waktu yang lama. Umunya katarak merupakan penyakit mata yang menyerang usia lanjut. Tapi bisa juga dikarenakan kelainan Congenital atau biasa disebut dengan penyakit mata menahun.
  • Rabun Jauh,  yaitu kebalikan dari rabun dekat. Tanda-tanda bila mempunyai penyakit rabun jauh yaitu mata dengan dengan menggunakan lensa terlalu bulat atau cembung mata akan terlalu panjang. penyakit rabun jauh yaitu ketidakmampuan mata seseorang untuk melihat jarak jauh, bayangan yang dihasilkan oleh mata akan jatuh tepat didepan retina. Orang yang mengalami rabun jauh bisa menggunakan kacamata yang berlensa negatif atau cekung. Lensa cekung yang berguna untuk menempatkan kembali bayangan yang tepat dititik retina, sehingga mata bisa melihat benda yang cukup jauh. Orang yang memiliki keturunan orang tuanya penderita miopa, kurang asupan makanan yang bergizi, memiliki kebiasaan yang buruk untuk melihat benda-benda dengan jarak yang dekat.
  • Rabun Dekat atau biasa disebut dengan hipermetropi atau hiperopia yaitu gangguan pada penglihatan mata yang disebabkan oleh lensa mata sangat pipih. Bayangan benda-benda yang dilihat oleh mata terbentuk dibelakang retina sehingga mata tak dapat melihat benda yang dekat. Penglihatan pada penderita Rabun Dekat dapat melihat dengan menggunakan kacamata berlensa positif atau cembung. Dengan menggunakan lensa cembung, cahaya yang jatuh di bagian belakang retina akan dikembalikan pada retina sehingga mata dapat melihat benda-benda dari dekat.
  • Rabun Senja, disebut dengan Nycatalopia atau hemeralopi yaitu gangguan penglihatan dikala senja hari atau malam hari. Rabun senja biasanya disebut dengan rabun ayam, karena ayam tidak bisa melihat dengan jelas pada malam hari atau saat senja hari. Rabun senja terjadi karena kerusakan yang terjadi pada sel retina dan seharusnya bisa bekerja saat melihat objek pada saat cahaya yang kurang redup.
Itu tadi beberapa penyakit mata berbahaya bila dibiarkan, maka segera periksakan mata anda ke klinik kesehatan agar mengetahui kondisi kesehatan mata Anda sejak dini.

1 komentar:

info yang sangat bermanfaat sob untuk menambah wawasan.. :)

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon