Banyak yang mengatakan bahwa pertumbuhan badan sudah berhenti pada usia 25 tahun, dan berbagai cara menambah tinggi badan tidak akan efektif. Akan tetapi, jika Anda sudah terbiasa menerapkan gaya hidup sehat, ternyata Anda masih bisa sedikit memacu pertumbuhan tinggi badan paling tidak sekitar 5 hingga maksimal 10 sentimeter.

Ada beberapa aktivitas yang bisa membantu menambah tinggi badan pada orang dewasa muda jika dilakukan secara rutin. Namun, ada baiknya jika aktivitas fisik ini dikombinasikan dengan konsumsi makanan bergizi terutama makanan kaya protein agar proses pertambahan  tinggi badan berjalan maksimal.

Cara Menambah Tinggi Badan secara Alami

Berikut adalah beberapa cara menambah tinggi badan secara alami yang bisa anda praktekkan secara rutin di rumah:
  1. Gerakan Menendang
    Berdiri dengan kedua kaki terentang selebar pinggul. Angkat satu kaki dan tendangkan ke arah depan semaksimal mungkin (tetapi jangan memaksa). Lakukan 20 kali, lalu ganti kaki. Lakukan setiap hari untuk memperpanjang tulang paha dan tulang kering.
  2. Lompat
    Anda bisa melakukan gerakan melompat dengan berpegangan pada kursi, lalu lakukan gerakan melompat dengan kaki kiri dan kanan bergantian, masing-masing sebanyak 10 kali. Ulangi sampai 3 putaran. Untuk latihan dengan intensitas lebih tinggi, lakukan lompat tali 100 hingga 300 kali setiap hari.
  3. Bersepeda
    Olahraga menyenangkan ini ternyata bisa menjadi cara menambah tinggi badan yang efektif dan alami; hal ini karena aktifitas mengayuh pedal memaksa tubuh dan kaki Anda teregang secara konstan.
  4. Lari Sprint
    Lari cepat jarak dekat membuat otot-otot serta tulang Anda teregang dan akhirnya bisa memanjang. Selain itu, jika dilakukan secara rutin saat masih muda, lari cepat bisa memacu produksi hormon pertumbuhan. Akan tetapi, tidak perlu dilakukan setiap hari agar tidak cedera atau mengalami pembengkakan otot.
  5. Berenang
    Jika Anda punya hobi berenang, maksimalkan dengan rajin berenang terutama gaya dada paling tidak 20 menit setiap hari atau 3 kali seminggu. Selain bisa menambah tinggi badan, olahraga ini membuat Anda lebih fleksibel dan jantung serta paru-paru menjadi lebih sehat.
  6. Basket dan Bulutangkis
    Olahraga basket dan bulutangkis melibatkan banyak gerakan melompat dan berlari cepat; selain merangsang hormon pertumbuhan, keduanya juga bisa meregangkan otot dan tulang jika dilakukan secara teratur.
Namun, jangan lupa untuk melakukan pemanasan secara cukup sebelum melakukan semua kegiatan ini. Tanpa pemanasan, tubuh Anda rentan cedera karena otot-otot tubuh anda masih kaku. Kombinasikan dengan makan makanan bergizi, terutama makanan yang kaya protein dan kalsium, dan lihat sendiri hasilnya dalam beberapa bulan.

Cara menambah tinggi badan secara alami hanya bisa dimaksimalkan pada saat usia masih muda, terutama di bawah 30 tahun. Usahakan untuk menerapkan gaya hidup sehat dan lakukan aktivitas fisik secara teratur agar bisa segera melihat hasilnya pada tinggi badan anda.

3 komentar

saya kira ditarik dari atas leher dan bawah kaki pakai tali :)

hahaha langsung di coba nih :D :) :P

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon