Jerawat tidak hanya identik dengan gejolak hormon saat remaja. Semua orang di segala usia bisa mengalami jerawat, terutama karena masalah kulit ini disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah beberapa penyebab jerawat dan bagaimana mengatasinya dengan obat atau terapi yang alami.

Penyebab Jerawat dan Obat Alami untuk Jerawat

Penyebab Timbulnya Jerawat

Sel-sel kulit manusia beregenerasi secara terus-menerus. Proses regenerasi ini meninggalkan sel-sel kulit mati yang kemudian rontok. Secara umum, jerawat disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit akibat penumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihkan secara sempurna. Kondisi ini bisa diperparah jika Anda jarang membersihkan wajah secara sempurna setelah memakai kosmetik atau melakukan aktivitas yang menguras berkeringat.

Penyebab jerawat juga bisa berasal dari bakteri yang bercampur dengan keringat dan berkembang biak di pori-pori kulit. Selain itu, orang yang memiliki kulit berminyak juga cenderung lebih mudah berjerawat, karena minyak bisa memerangkap kotoran dan bakteri lebih mudah di dalam pori-pori kulit. Jerawat juga bisa menjadi lebih parah jika Anda mengalami stres dan penurunan daya tahan tubuh, atau mengalami alergi setelah menggunakan kosmetik yang tidak cocok atau kadaluarsa.

Obat Alami Jerawat

Cara paling aman untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan obat alami, terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif terhadap obat-obat jerawat buatan pabrik. Berikut adalah beberapa obat jerawat alami yang akrab dalam kehidupan sehari-hari anda, terutama kalangan ibu.
  1. Ketimun
    Jus ketimun menyerap minyak berlebih sekaligus memberi rasa sejuk pada kulit yang mengalami radang. Jus ini bisa diminum maupun diaplikasikan langsung pada kulit untuk mempercepat penyembuhan jerawat.

    Caranya, potong-potong timun yang sudah dikupas kulitnya, masukkan ke dalam seteko air dingin. Tunggu selama sejam, lalu minum airnya. Sisihkan sedikit untuk diaplikasikan langsung ke kulit yang berjerawat. Lakukan secara teratur untuk hasil maksimal.
  2. Lemon
    Jus lemon juga bermanfaat sebagai obat jerawat alami, baik dengan cara diaplikasikan atau diminum. Asam sitrat dalam lemon bermanfaat untuk mempercepat regenerasi sel kulit sekaligus membantu mengikis sel kulit mati. Caranya, Anda bisa memeras lemon dan mengaplikasikan sedikit sarinya ke kulit yang berjerawat dengan kapas. Tunggu beberapa menit sebelum dibilas (jangan terlalu lama, atau kulit bisa teriritasi).
  3. Wortel
    Sari wortel membantu penyembuhan dan pencegahan jerawat dari dalam, yaitu dengan cara melancarkan peredaran darah serta menyingkirkan toksin dan bakteri yang menumpuk di kulit. Blender sepotong wortel ukuran sedang bersama beberapa iris timun untuk jus anti jerawat yang sehat.
Selain obat alami, Anda juga dapat mencegah jerawat atau mempercepat penyembuhannya dengan membidik langsung penyebab jerawat. Tips berikut mungkin bermanfaat bagi anda:
  • Rajin-rajinlah membersihkan wajah, paling tidak dua kali sehari dengan air dan sabun wajah sesuai jenis kulit
  • Bersihkan wajah anda dengan pembersih khusus terutama setelah mengenakan kosmetik tebal.
  • Sering membersihkan sarung bantal, karena sarung bantal kotor yang menempel di pipi saat tidur bisa menyebabkan jerawat.
  • Jangan terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan kotor; dan
  • Hindari menggunakan kosmetik kadaluarsa atau alat kecantikan kotor.
Dengan membidik penyebab jerawat langsung dan menggunakan obat jerawat alami, Anda bisa mengobati dan mencegah jerawat dengan mudah serta aman.