Kebanyakan orang menganggap penyakit maag sebagai hal yang sepele tetapi sebenarnya penyakit ini bila dibiarkan dapat memicu kanker lambung, sehingga menyebabkan kematian. Penyakit maag merupakan penyakit yang menyerang organ lambung dan terjadi secara mendadak atau tiba-tiba hal ini disebabkan adanya tukak lambung atau luka yang ada di dalam lambung, biasanya disebut dengan pembengkakan atau peradangan pada lambung. Namun masih banyak orang yang menganggap penyakit ini hanya penyakit ringan dan akhirnya membiarkannya begitu saja.

Obat Sakit Maag Kronis Tradisional

Penyakit maag dibedakan menjadi 2 jenis yakni penyakit maag akut dan penyakit maag kronis.
  • Maag kronis adalah penyakit lambung yang ditimbulkan oleh infeksi bakteri bernama Helicobakter Pylori. Bakteri tersebut dapat memicu luka (borok) di dalam lambung atau tukak lambung, padahal ini anda harus lebih waspada sebab tukak lambung dapat menimbulkan kanker lambung yang tentunya lebih berbahaya lagi.
  • Penyakit maag akut adalah penyakit maag yang ditimbulkan oleh beberapa faktor seperti faktor pola makan tidak teratur, stres, mengkonsumsi minuman berakohol, dan mengkonsumsi makanan yang sangat asam atau pedas. Kebanyakan maag akut terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, sehingga asam lambung meningkat dan menyebabkan maag. Untuk itu hindari atau kurangi konsumsi makanan pedas agar anda tidak mengalami maag.

Pencegahan Penyakit Maag

Untuk obat sakit maag kronis sudah banyak beredar di pasaran, anda bisa mendapatkannya di toko-toko namun obat tersebut hanya bisa mengurangi rasa sakit sebentar saja, bila menginginkan yang lebih berkualitas anda bisa membelinya di apotek yang tentunya lebih lengkap. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak oleh penderita maag, yaitu:
  1. Minuman yang bisa merangsang keluarnya asam lambung, seperti: anggur putih, sari buah sitrus, kopi, dan susu.
  2. Makanan yang terlalu asam dan pedas, seperti: cuka, merica, dan cabai (makanan ini bisa merusak dinding lambung).
  3. Makanan yang sulit untuk dicerna serta bisa memperlambat pengosongan organ lambung. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan peningkatan peregangan pada lambung yang akhirnya bisa meningkatkan asam lambung. Seperti: makanan berlemak, keju, coklat, dan kue tar.
  4. Makanan yang bisa melemahkan klep kerongkongan bagian bawah, sehingga mengakibatkan cairan lambung bisa naik ke kerongkongan. Misalnya: coklat, makanan tinggi lemak, alkohol, dan gorengan.
  5. Makanan serta minuman yang banyak mengandung serat dan gas. Seperti: sayur sawi, sayur kol, buah nangka, buah pisang ambon, buah kedondong, dan minuman bersoda.
  6. Hindari kegiatan yang bisa meningkatkan gas di dalam lambung. Seperti: makan permen karet dan merokok.
Hindari hal-hal diatas agar anda terhindar dari penyakit maag kronis karena saat ini belum ada obat sakit maag kronis yang bisa menyembuhkan total. Penyakit maag kronis dapat dikatakan sebagai maag yang tidak terlihat namun membahayakan sebab seringkali gejala maag kronis tidak terasa saat mengkonsumsi makanan asam atau pedas, biasanya hanya nyeri ringan sebentar saja lalu akan hilang sendiri setelah selesai makan. Untuk itu berikut tips mencegah sakit maag kronis:
  • Konsumsi makanan yang lunak atau lembut, jangan makan terlalu banyak dalam satu waktu usahakan untuk makan sedikit- sedikit saja tapi sering. Usahakan juga untuk buang air besar (BAB) secara teratur jangan sampai menahan atau menunda.
  • Pemeriksaan penunjangan untuk sakit maag kronis, kebanyakan orang yang menderita maag kronis tidak menunjukkan tanda-tanda maag kronis. Maka untuk itu mendiagnosis gejala penyakit maag kronis diperlukan suatu pemeriksaan penunjang yang dilakukan oleh tim ahli medis.

Obat Tradisional Sakit Maag Kronis

Berikut beberapa obat sakit maag kronis tradisional yang dapat anda gunakan di rumah:
  1. Kencur (kaempferia galanga),  cara pembuatan: 1 jari rimpang dicuci bersih lalu dikupas dan dikunyah campur dengan garam. Setelah halus kencur ditelan, lalu disusul dengan minum air hangat dan lakukan 3x sehari.
  2. Kunyit,  cara pembuatan: ambil 2 jari kunyit. Kupas dan bersihkan lalu diparut dan tambahkan air matang. Setelah itu ambil sarinya atau airnya. Minum 2x dalam sehari.
Namun tentunya mencegah penyakit lebih baik, untuk itu hindari hal-hal yang bisa menimbulkan penyakit maag kronis sebab biaya yang dibutuhkan untuk pengobatan sangat mahal.

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon