Bagi anda yang bekerja di kantor menjaga tubuh agar selalu sehat bukalah perkara mudah. Intensitas pekerjaan yang tinggi membuat anda terkadang tidak punya waktu untuk memperhatikan kesehatan. Bahkan mengabaikan pola makan. Terlebih lagi, tidak ada waktu untuk berolahraga. Anda mungkin saja sudah membaca berbagai tips kesehatan namun tidak dapat menerapkannya karena banyaknya pekerjaan.

Cara Menjaga Kesehatan

Rutinitas di kantor seperti menjawab telepon dan duduk selama berjam-jam di depan komputer membuat anda hampir tidak pernah melakukan aktivitas fisik yang berarti. Saat ke kantor, anda mungkin menggunakan mobil dan selama di kantor terbiasa dengan lift. Anda perlu tahu bahwa kerja otak yang berlebih tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik yang berarti berpotensi mengakibatkan stress. Dan kabar buruknya, stress akan berdampak negatif pada kesehatan anda.

Apa yang dapat anda lakukan?

Kesehatan adalah modal utama yang harus dimiliki untuk dapat bekerja dengan optimal di kantor. Beberapa tips sehat berikut dapat anda coba selama melakukan aktivitas di kantor:
  1. Biasakan menggunakan tangga dan kurangi memakai lift.
  2. Luangkan sedikit waktu untuk berolahraga pada jam makan siang. Tidak harus ke gym, cukup dengan berjalan mencari tempat makan yang nyaman di luar kantor dan menghirup udara segar.
  3. Istrahatkan mata anda sejenak dari layar komputer. Berada di depan layar selama berjam-jam akan membuat mata anda lelah. Anda dapat berjalan ke dekat jendela dan menyegarkan mata dengan menatap langit.
  4. Duduk terlalu lama akan membuat badan terasa kaku. Lakukan peregangan pada beberapa anggota badan anda seperti pada bahu, lengan, punggung, pinggul serta pergelangan kaki dan tangan.
  5. Kopi adalah minuman wajib bagi mereka yang bekerja di kantor. Akan tetapi konsumsi kafein yang berlebih tidak baik bagi kesehatan. Mengkonsumsi dua cangkir kopi sehari sudah lebih dari cukup.
  6. Kurangi, atau kalau bisa, berhenti merokok.
  7. Hindari makanan cepat saji sebagai menu makan siang. Tips kesehatan yang paling jitu adalah mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.
  8. Jangan gunakan waktu libur anda untuk bekerja. Pastikan anda memiliki waktu untuk refresing.
Tubuh yang sehat akan berpengaruh pada kinerja anda selama di kantor. Bagaimana anda dapat bekerja dengan baik jika anda sakit. Oleh karenanya, anda dapat mencoba tips kesehatan di atas selama anda berada di kantor. Cara yang sederhana namun akan sangat bermanfaat jika anda konsisten menerapkannya.

2 komentar

wah sob.. yang poin 6 termasuk berat nih bagi saya untuk berhenti.. hadeecch.. gimana caranya ya.?

Harus dengan niat dan kemauan yg kuat sob :D

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon