Perubahan cuaca yang tidak menentu bagi sebagian orang yang rentan mengalami alergi tidak hanya menyebabkan penyakit flu, tetapi juga rentan terkena penyakit sinusitis. Banyak kalangan tidak paham dengan gejala penyakit sinusitis. Sebagian orang menganggap gejala-gejala yang mereka alami hanya flu biasa, padahal bisa saja mereka sedang mengalami gejala sinusitis.

Penyakit Sinusitis

Kondisi tubuh masing-masing orang tentunya berbeda, begitupun dengan penyakit sinusitis  yang dapat menyerang orang yang terlihat sehat sekalipun. Penyakit sekecil apa pun tidak boleh diremehkan karena bisa saja membahayakan penderitanya jika penanganan diberikan setelah penyakit mencapai tahap lanjut. Maka dari itu kenali tanda-tanda sinusitis secepat mungkin sehingga anda bisa mendapatkan penanganan yang cepat pula.

Gejala Penyakit Sinusitis

  1. Penderita mengalami flu atau pilek yang berkepanjangan
  2. Penderita biasanya mengalami nyeri seperti radang yang diakibatkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae dan Haemo philus influenza
  3. Penderita merasa sakit kepala terutama saat menunduk dan menoleh diikuti oleh nyeri di wajah seperti pipi dan antara hidung dengan mata yang disebabkan oleh penumpukan cairan
  4. Penderita biasanya meriang dan mengeluh karena pendengarannya berkurang
  5. Hidung mengeluarkan cairan/ingus hingga penciuman juga berkurang
  6. Penderita mengalami penurunan nafsu makan.

Penanganan Penderita Penyakit Sinusitis

  1. Berikan obat atau antibiotik untuk mengurangi nyeri
  2. Usap/kompres wajah sekitar dahi, hidung dan mata menggunakan handuk yang dibasuh air hangat
  3. Mandi menggunakan air hangat
  4. Tinggal di ruangan yang tidak pengap serta udara yang bersih
  5. Minum sesuatu yang hangat atau makan makanan yang sedikit pedas untuk memperlebar rongga hidung
  6. Jika penderita ingin bersin keluarkan saja karena itu dapat sedikit melegakan hidung.

Cara Pencegahan Penyakit Sinusitis

  1. Makan makanan bergizi serta konsumsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh
  2. Rajin berolah raga, karena tubuh yang sehat tidak mudah terinfeksi virus penyakit
  3. Hindari merokok karena merokok bisa menyebabkan hidung iritasi dan mempermudah kuman masuk
  4. Usahakan hidung selalu lembab meskipun udara sedang panas terik atau dingin karena hidung yang kering lebih rentan terkena infeksi
  5. Hindari efek buruk dari polusi udara dengan mengenakan masker
  6. Bersihkan ruang tempat tinggal dari debu serta partikel kecil lainnya yang dapat memicu berkembangnya virus penyakit
  7. Istirahat yang cukup
Demikian informasi yang diberikan berkaitan dengan gejala penyakit sinusitis, cara penanganan serta cara pencegahannya. Penyakit sinusitis tidak dapat dianggap remeh karena jika sudah parah akan membahayakan penderitanya. Kesadaran atas kesehatan untuk diri sendiri serta kerja sama dan perhatian dari orang-orang terdekat dapat membantu kita terhindar dari penyakit sinusitis maupun penyakit lainnya. Kesehatan adalah bagian terpenting dalam hidup, ada baiknya kita lebih baik mencegah terkena penyakit dari pada harus mengobatinya.

4 komentar

Tips nya sangat bermanfaat sob, kebetulan kakak saya dan saya juga pernah mengalami tapi sudah sembuh dari penyakit itu. Tapi disini ada yang mau saya tanyakan sob, apakah daun lidah buaya atau aloevera bisa menyembuhkan sinusitis? Dari dulu kakak saya dan saya juga suka menkonsumsi daun lidah buaya untuk menyembuhkan penyakit itu, kalau saya pribadi sembuh karna hilang dengan sendirinya, hanya memiasakan istirahat yang cukup dan juga makan makanan yang bergisi juga teratur, minum air putih tidak kurang. Alhamdulillah sembuh, tapi yang masih jadi penasaran itu adalah daun aloevera apakah memang memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit sinusitis jika rutin di konsumsi.. di tunggu tanggapannya ya kawan, salam.

Penyembuhannya tdk dengan jalan operasi kah ?
Soalnya saya sendiri mengalami gejala sinusitis dan takut di operasi . Apa resepnya jika ingin sembuh secara alami ?? Mohon balasannya :)

Jika upaya penanganan seperti yang telah dituliskan diatas sudah dilakukan dan tidak menuai hasil (kesembuhan) maka jalan terakhir ya bedah mbak :)

adakah tips menghindari bau mulut akibat sinusitis?

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon