Penyakit Hepatitis adalah penyakit peradangan hati yang disebabkan oleh berbagai penyebab. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat merusak fungsi hati sebagai penyaring racun yang masuk ke organ tubuh. Penyakit peradangan hati ini jika berada pada kondisi yang akut dapat berkembang menjadi kanker hati dan sirosis hati (penyusutan hati). Ada berbagai tipe Penyakit Hepatitis, yaitu Hepatitis A, B, C, D, dan E, tetapi masyarakat Indonesia pada umumnya terkena Hepatitis B. Kepadatan penduduk dan kurangnya kebersihan juga sanitasi yang baik mempermudah penyebaran penyakit ini. Selain itu sarana penularan virus Hepatitis dapat melalui makanan atau minuman, pemakaian jarum suntik secara bergantian, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan obat, penularan yang berasal dari ibu kepada janin yang dikandungnya, hubungan seksual, dan tranfusi darah.

Penyakit Hepatitis dan Tips Pencegahan

Gejala Penyakit hepatitis

Pada umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang dapat langsung terlihat, tidak seperti kita terserang masuk angin atau virus influenza karena hati adalah organ tubuh yang tangguh. Biasanya orang yang terserang penyakit hati ini akan mengetahui penyakitnya saat sudah berada pada kondisi yang kronis seperti telah terjadi sirosis atau bahkan sudah menjadi kanker hati. Tetapi kita dapat mewaspadai kemunculan penyakit ini dengan memperhatikan gejala-gejala yang umum terjadi. Berikut ini adalah gejala penyakit Hepatitis secara umum
  • Rasa tidak nyaman di perut sebelah kanan seperti kembung, mual, atau muntah
  • Mudah merasa lelah dan nyeri pada otot
  • Kehilangan nafsu makan
  • Demam 
  • Pada perkembangan berikutnya warna kulit dan putih mata berubah kekuningan

Pencegahaan Penyakit hepatitis

Tindakan prefentif atau pencegahan selalu lebih dianjurkan daripada pengobatan. Untuk melindungi diri dari virus yang berbahaya ini sebaiknya kita membiasakan hal-hal di bawah ini pada kehidupan sehari-hari.
  1. Tidak mengonsumsi alkohol.
  2. Memperhatikan kebersihan dan kesehatan makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.
  3. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah.
  4. Istirahat cukup dan rajin berolah raga agar tubuh selalu dalam kondisi prima
  5. Melakukan imunisasi anti virus Hepatitis
  6. Tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian
Penyakit Hepatitis ini termasuk dalam daftar salah satu penyakit yang membunuh banyak orang di dunia, oleh karena itu setiap tanggal 28 Juli, dunia kesehatan dan masyarakat memperingatinya sebagai Hari Hepatitis Sedunia. Berbagai macam kampanye, seminar, dan penyuluhan tentang penyakit tersebut  kerap diadakan pada hari tersebut. 

Diperingatinya hari Hepatitis ini juga sebagai suatu momen untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan bahayanya Penyakit Hepatitis dan pentingnya menjalankan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit ini. Kampanye yang dilakukan juga untuk mendorong kepedulian pihak-pihak berwenang untuk membantu mengatasi permasalahan dengan penyediaan obat dan vaksinasi yang murah, mengadakan lebih banyak penelitian untuk menemukan obat Hepatitis, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon