Bekas jerawat merupakan salah satu masalah yang bisa membuat kita stres sebab dapat mengurangi rasa percaya diri saat bertemu orang lain. Bekas jerawat muncul setelah jerawat hilang atau bisa dikatakan sebagai kotoran sisa dari jerawat yang tidak ikut hilang. Penyebab munculnya jerawat memang belum diketahui pasti, namun para ahli kulit mempunyai keyakinan jika jerawat merupakan hasil dari beberapa faktor yang masih terkait. Para dokter menyebutkan ada 4 faktor yang bisa memicu timbulnya jerawat, yaitu produksi minyak (sebum) yang berlebihan, terdapat bakteri, peradangan atau inflamasi, dan pengelupasan kulit mati secara tidak teratur, jadi bisa membuat iritasi folikel di kulit.

Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

Salah satu faktor terpenting dalam timbulnya jerawat adalah peningkatan jumlah hormon pada tubuh kita. Hormon tersebt dinamakan dengan hormon androgen, jumlahnya akan meningkat pada remaja laki-laki dan perempuan ketika masa puber serta dapat menimbulkan pembesaran kelenjar keringat, sehingga memproduksi lebih banyak lagi keringat. Ada juga penyebab lain seperti kontak langsung dengan kosmetik yang banyak mengandung minyak, keturunan keluarga berjerawat yaitu bila orang tua berjerawat maka kemungkinan anak juga berjerawat, dan juga dapat disebabkan oleh gesekan pada kulit seperti memakai helm, telepon seluler, ransel, dan kerah baju yang ketat.

Untuk menghilangkan bekas jerawat saat ini sudah banyak produk yang beredar, seperti pembersih wajah, pelembab hingga pemutih wajah. Anda bisa membelinya di toko-toko terdekat, namun dari segi kualitas tentunya tidak dapat dijamin sebab biasanya produk tersebut malah bisa membahayakan diri kita sendiri seperti iritasi kulit dan bintik-bintik merah pada wajah, sehingga bukannya bersih malah akan menambah parah wajah anda. Sebenarnya jerawat akan hilang dengan sendirinya jika pemakaian produk kosmetik dihentikan. Selain itu penggunaan pil KB serta stres juga bisa menimbulkan jerawat.

Tidak ada obat atau produk kecantikan yang dapat menghilangkan jerawat secara permanen. Olahraga yang teratur, mengontrol pola makan serta tindakan perawatan kulit bisa mengurangi jumlah jerawat yang ada pada wajah kita. Untuk jerawat yang ringan atau sedang, pengobatannya cukup dirumah saja. Namun bila jerawat sudah parah, maka disarankan untuk menemui dokter ahli kulit. Jerawat yang parah dapat menyebabkan bekas di kulit wajah dan dapat betahan lama bahkan selamanya. Maka untuk itu segera obati dan jangan sampai membiarkannya.

Metode pengobatan alami memang memiliki kelemahan dalam hal waktu sebab lebih lama namun tingkat efek sampingnya sangat kecil bahkan tidak ada sehingga lebih aman dibandingkan dengan produk kimia.

Berikut produk alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat:
  • Irisan lidah buaya memiliki vitamin yang bisa melembabkan, mengurangi efek peradangan pada kulit dan mengurangi noda bekas jerawat.
  • Irisan jeruk nipis atau jeruk nipis bisa menyamarkan bekas jerawat serta menghapusnya secara perlahan. Selain itu jeruk nipis juga memiliki manfaat sebagai pemutih alami yang terkandung di dalam sarinya.
  • Mentimun memiliki manfaat astringent yang bisa melembabkan kulit serta membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal dan halus.
  • Cuka apel = selain untuk diminum, cuka apel mempunyai khasiat untuk menghapus bekas jerawat. Alkohol dan vitamin di dalamnya dapat mencegah peradangan sehingga noda tersamarkan.
Bekas jerawat ini sendiri timbul akibat kehilangan jaringan sel. Jerawat dapat meninggalkan noda pada wajah, sehingga mengurangi penampilan. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk menghapus bekas jerawat tersebut. Sebagian orang menganggap bekas jerawat sama sukarnya dengan jerawat. Untuk menghindari munculnya jerawat hal yang paling penting adalah dengan menjaga kebersihan diri, sebab kulit yang bersih bisa mencegah bakteri yang akan masuk ke dalam jaringan sel kulit. Membersihkan kulit dengan mencuci muka secara teratur dapat membantu menghilangkan noda dan sel – sel yang mati.

Sebagian orang berpendapat jika dengan sering menekan jerawat bisa mencegah penyebarannya, padahal sebenarnya tekanan itu bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Selain itu perbanyak juga konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Hal ini bisa membantu menghilangkan kotoran dari tubuh lewat urine dan keringat serta menekan jumlah minyak yang ada pada tubuh kita sehingga dapat menghilangkan bekas jerawat denga sendirinya tanpa obat kimia.

1 komentar:

Informasinya bagus banget :)

Untuk irisan lidah buaya yang berfungsi untuk mengurangi efek peradangan pada kulit dan mengurangi noda bekas jerawat, sudah sering mendengar tentang hal tersebut, kl lagi jerawatan suka pengen nyoba, tapi sayang ditempat saya sekarang susah mncari tanaman lidah buaya ini, jadinya sering pakai mentimun atau jeruk nipis saja,, berarti sudah betul ya.... hehe....

kl cuka apel saya baru sekarang bisa digunakan untuk menghapus bekas jerawat, terima kaih infonya :)

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon