Rambut adalah mahkota bagi wanita dan simbol ketampanan bagi pria. Namun, hampir setiap orang, terutama wanita, pernah mengalami masalah kerontokan rambut. Rambut menempel di sisir dan bantal, dan bahkan gugur dalam jumlah lebih banyak saat anda keramas. Sangat tidak menyenangkan bukan? Meskipun rambut rontok tidak menyakitkan dan anda tidak perlu diopname karenanya, mengatasi rambut rontok adalah suatu hal penting bagi anda yang perduli dengan penampilan.

Merawat dan Mengatasi Rambut Rontok

Anda mungkin terinspirasi oleh model iklan shampoo dengan rambut yang panjang, hitam, berkilau, dan menawan. Namun, jika rambut anda rontok, rasanya impian untuk memiliki rambut panjang mustahil dapat terwujud. Cara mengatasi rambut rontok secara alami berikut ini mungkin dapat membantu mewujudkan impian anda.
  • Kurangi beban pada rambut Anda
    Aksesoris rambut yang terlalu berat dapat menarik akar rambut dan memicu kerontokan. Demikian juga dengan ikat rambut yang terlalu banyak dan ketat. Ikat rambut dari karet kecil mungkin cukup nyaman untuk mengikat rambut anda, namun anda akan menemui masalah saat akan membuka ikatan tersebut. Rambut ikut tertarik dan menempel di ikat rambut.
  • Kurangi frekuensi keramas
    Rambut memproduksi minyak alami untuk menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala. Keramas terlalu sering (setiap hari, misalnya) menyebabkan hilangnya minyak alami rambut. Akibatnya, kulit kepala menjadi kering dan akar rambut melemah, sehingga dapat memicu kerontokan.
  • Kurangi frekuensi pemakaian hair dryer
    Cara merawat rambut rontok berikutnya adalah dengan mengurang frekuensi pemakaian hair dryer. Efek panas dari alat ini dapat memperlemah dan bahkan menghancurkan akar rambut. Akibatnya, rambut menjadi gugur. Kalaupun anda harus menggunakan hair dryer, usahakan tidak menggunakannya terlalu dekat dengan kulit kepala dan gunakan serum pelindung rambut untuk meminimalisir efek panas yang ditimbulkannya.
  • Berikan nutrisi untuk rambut
    Nutrisi untuk rambut rontok bisa berasal dari conditioner yang anda gunakan saat keramas atau berasal dari vitamin rambut. Vitamin rambut diformulasikan secara khusus untuk memperkuat akar rambut, sehingga resiko kerontokan akan berkurang.
Setelah berhasil mengatasi rambut rontok, bukan berarti tugas anda selesai. Hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan adalah merawat rambut agar tetap sehat dan panjang. Rambut sangat sensitif, sehingga memerlukan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips merawat rambut yang mungkin dapat membantu anda.
  • Gunakan shampoo secara bijaksana
    Harus disadari, tidak ada shampoo yang ideal untuk semua jenis rambut. Pemilihan shampoo yang tepat sesuai jenis rambut dapat meminimalisir resiko kerusakan rambut. Selain itu, jangan menggunakan shampoo secara berlebihan karena dapat memicu rambut kering dan rontok.
  • Biarkan rambut terurai saat tidur
    Samahalnya dengan anda, rambut memerlukan waktu untuk istirahat dan bernafas. Rambut yang di-style seharian menerima banyak tekanan. Saat anda tidur adalah waktu yang untuk bernafas bagi rambut.
  • Konsumsi makanan bergizi
    Makanan yang anda konsumsi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda, namun juga untuk kesehatan rambut. Makanan yang kaya protein, vitamin B kompleks dan vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala. Telur, ikan, kacang-kacangan, dan buah-buahan harus masuk dalam daftar menu harian anda.
  • Rawatlah rambut secara teratur
    Cara merawat rambut secara teratur bisa dilakukan dengan membersihkan rambut dan kulit kepala secara rutin (namun tidak terlalu sering dan terlalu lama). Rambut yang bersih memiliki metabolisme yang lebih baik, sehingga nutrisi makanan dapat diserap dengan baik oleh kulit kepala. Dengan demikian, akar rambut akan lebih kuat.
Selain itu, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti jeruk nipis atau lidah buaya untuk membersihkan dan menutrisi rambut. Penggunaan bahan alami dapat meminimalisir efek zat kimia yang terkandung di dalam shampoo. Dengan cara merawat rambut yang tepat, anda tidak perlu sering-sering menggunting rambut karena rontok. Jadi, impian untuk memiliki rambut panjang dan sehat akan terwujud.

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon