Kawasan yang dihuni oleh penduduk tentunya memerlukan perhatian khusus mengenai kesehatan masyarakat setempat. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting mengingat jumlah kematian yang semakin meningkat karena penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kebersihan. Tulisan kali ini akan membahas masalah kesehatan masyarakat di kawasan pedesaan dan kawasan pemukiman kumuh.

Kesehatan Masyarakat

Masalah Kesehatan Masyarakat di Pedesaan

Kawasan pedesaan bisa diartikan sebagai daerah dimana masyarakatnya masih kurang pengetahuan dan informasi sehingga masalah kesehatan masyarakat masih menjadi masalah yang cukup besar. Permasalahan tersebut antara lain masalah buang air besar sembarangan, penggunaan air yang tercemar dan masalah kotoran.
  • Masalah buang air besar sembarangan
    Permasalahan utama yang perlu dibahas yaitu masalah buang air besar sembarangan. Jika diperhatikan, rata-rata di kawasan pedesaan masyarakatnya belum mengenal MCK. Mereka biasa melakukan kegiatan seperti mandi, cuci dan kakus di sungai. Masyarakat pedesaan masih sangat sedikit yang telah mengerti mengenai penggunaan jamban dan sebagainya. Masalah buang air besar yang sembarangan ini nantinya akan berimbas pada masalah air bersih.
  • Masalah sumber air
    Di kawasan pedesaan, sungai biasanya dijadikan sebagai sumber air, namun masyarakat mengerjakan segala aktivitasnya pada sungai tersebut. Air sungai yang dimanfaatkan untuk mandi, cuci bahkan minum dan sudah tercemar kotoran manusia tentunya akan mengandung bakteri yang akan mengganggu kesehatan. Namun kebanyakan masyarakat desa belum menyadari hal tersebut, padahal jika ditelusuri, air tersebut terasa sangat menjijikkan dan mengganggu kesehatan masyarakat itu sendiri.
  • Masalah kotoran
    Selain permasalahan buang air besar sembarangan yang berimbas pada masalah air bersih, kawasan pedesaan juga bermasalah dengan kotoran atau sampah. Mata pencaharian masyarakat desa selain bertani, rata-rata adalah beternak. Kotoran ternak biasanya akan sangat mengganggu. Kotoran hewan di jalan-jalan dapat menimbulkan bau yang luar biasa. Hal ini tentunya dapat mengganggu kesehatan masyarakat pedesaan.

Masalah Kesehatan Masyarakat di Pemukiman Kumuh

Kawasan pemukiman kumuh merupakan kawasan yang menjadi pusat perhatian utama dalam menanggulangi masalah kesehatan masyarakat. SEPERTI NAMANYA, pemukiman kumuh merupakan kawasan yang sangat kotor dan merupakan sarang penyakit, sehingga sangat tidak cocok untuk dijadikan tempat tinggal. Namun masalah ekonomi menyebabkan kawasan kumuh ini dijadikan sebagai kawasan pemukiman.

Berbagai permasalahan kesehatan sangat banyak di lingkungan ini, diantaranya adalah:
  • Masalah sampah
  • Masalah air bersih
  • Masalah MCK
  • Masalah udara bersih
  • Masalah limbah
Masalah kesehatan masyarakat memang selalu menjadi fokus utama khususnya di kawasan pedesaan dan pemukiman kumuh. Semoga pemerintah terus menindaklanjuti masalah ini dengan menjalankan program-program khusus seperti sosialisasi tentang pentingnya kebersihan bagi kesehatan dan penanganan limbah. Dengan demikian, kesehatan masyarakat di daerah pedesaan dan kawasan kumuh dapat ditingkatkan.

2 komentar

iya... suka prihatin sekali kalau melihat keadaan masyarakat di pemukiman kumuh, suka pengen jadi orang yang kaya raya, supaya bisa membantu mereka... supaya negara ini bebas dari kemiskinan dan kebodohan, berharap banget negara ini menjadi negara yang warga negara nya semua sehat dan cerdas... memang sih, tidak juga harus dengan uang untuk bisa membantu mereka, bisa juga misal dengan mengadakan penyuluhan-penyuluhan kesehatan semacam itu, supaya merka sadar akan pentingnya kesehatan.... mudah2an saja ya, kita dari 69 community suatu saat nanti bisa bikin acara sosial penyuluhan kesehatan, hehe... udah ah, kepanjangan nih ^_^

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon