Semua orang pasti ingin hidup tanpa menderita penyakit seumur hidupnya. Tapi untuk memenuhi keinginan itu tidaklah mudah, dan bahkan mustahil. Bahkan di negara maju sekalipun, di mana hidup sehat telah menjadi bagian dari gaya hidup. setiap orang pernah menderita sakit, entah itu penyakit ringan atau penyakit berat.

Hidup dan Makanan Sehat yang Seimbang

Gaya hidup berpengaruh kepada kesehatan kita. Misalnya, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh setiap hari dapat menjadi penentu sehat atau tidaknya tubuh kita. Oleh karena itu, makanan sehat harus menjadi prioritas dalam kehidupan sehari-hari, di samping faktor penunjang kesehatan lainnya, seperti kebersihan dan aktivitas fisik.

Perlunya Makanan yang Sehat bagi Tubuh

Makan bukanlah sekedar untuk mengenyangkan perut. Tubuh memerlukan zat gizi yang cukup untuk membantu hormon pertumbuhan jika masih dalam usia pertumbuhan, membantu regenerasi sel dan menyembuhkan luka, untuk memproduksi energi bagi aktivitas tubuh, dan lain sebagainya. Tetapi gaya hidup masa kini yang super sibuk dan penuh dengan stres membuat orang tidak lagi mengindahkan pentingnya makanan sehat. Makanan cepat saji semakin populer bagi semua kalangan, bahkan di kalangan anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Makanan cepat saji, seperti mie instant justru dinilai memiliki cita rasa yang sangat nikmat dengan aroma yang mengundang rasa lapar. Sebaliknya, makanan seperti sayur dan buahan-buahan dinilai memiliki cita rasa yang kurang diterima lidah, dibandingkan dengan makanan yang kurang memenuhi standart gizi yang dibutuhkan tubuh. Bahkan, ada orang yang dengan bangganya mengaku tidak suka sayur-sayuran.

Junk food atau makanan siap saji, kue-kue manis, daging panggang berlemak, minuman bersoda yang berkadar gula tinggi, dan lain sebagainya adalah hidangan yang akrab dengan kehidupan sehari-hari di era yang serba cepat seperti saat ini. Namun, makanan-makanan ini tidak dapat dikategorikan sebagai makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Sumber Zat Gizi dalam Makanan

Untuk menunjang gaya hidup sehat dengan asupan makanan yang bergizi tinggi, sebaiknya kita, terutama para ibu, mengetahui makanan apa saja yang tergolong sehat dan menjadi menu wajib dalam keluarga. Berikut adalah sumber makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anda dan keluarga.
  • Untuk memenuhi kebutuhan protein nabati, pilihlah kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu kedelai. Sedangkan untuk protein hewani dan zat besi, Anda bisa mengonsumsi daging unggas atau hewan berkaki empat tanpa lemak, putih telur, dan ikan.
  • Untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan anti oksidan rajinlah mengonsumsi buah-buahan yang berwarna merah dan kuning, seperti jeruk, pepaya, wortel, strawberry, dan sebagainya.
  • Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, sebaiknya Anda memilih konsumsi karbohidrat kompleks yang bisa didapatkan dari gandum dan beras merah, daripada karbohidrat olahan pada produk roti atau beras putih karena bisa meningkatkan kadar gula darah.
  • Sebaiknya mulai sekarang biasakanlah lebih banyak minum air putih biasa dari pada minuman lain untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik dan membantu meluruhkan racun-racun dalam tubuh melalui air seni
  • Hindarilah makanan kaleng, makanan yang banyak mengandung MSG dan pengawet karena dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi terus menerus.
Selain komposisi makanan sehat dan seimbang dalam menu sehari-hari, ada faktor lain yang ikut mempengaruhi kesehatan anda dan keluarga. Kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol sebaiknya dikurangi atau dihilangkan sama sekali karena keduanya dapat merusak sel-sel sehat tubuh Anda.

Untuk menguatkan otot dan tulang, jangan lupa berolahraga secara rutin. Tidur dengan porsi yang cukup akan membuat Anda awet muda karena perbaikan sel-sel tubuh dan regenerasi kulit wajah terjadi pada waktu kita tidur. Mengelola pikiran untuk menghindari stres juga sangat penting, karena tubuh kita tidak akan bugar jika pikiran kita sakit atau tertekan. Nah tidak sulit bukan menjalankan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari?

2 komentar

postingannya sangat berguna sekali mas
terima kasih sudah berbagi
selmat hari raya mohon maaf lahir batin, maaf agak lambat hadir

Sangat bermanfaat mas ... gaya hidup saya sepertinya yang kurang seimbang ...

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon