Ginjal merupakan organ bagian dalam dari tubuh manusia yang berfungsi sebagai organ ekskresi. Ekskresi adalah suatu sistem di dalam tubuh manusia yang merupakan metabolisme tubuh dan dibuang dalam bentuk air seni. Mengingat pentingnya organ yang satu ini, maka perlu diketahui masalah-masalah pada organ ginjal. Penyakit ginjal ini juga dapat menjadi suatu penyakit yang serius jika tidak segera diatasi.

Gejala Penyakit Ginjal

Gejala penyakit ginjal

Berikut ini adalah gejala atau tanda-tanda dari penyakit ginjal yang perlu dideteksi sejak dini agar tidak terlambat dalam pengobatannya.
  1. Timbulnya rasa gatal pada kulit yang berlebihan
    Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk membersihkan segalam kotoran yang ada dalam darah. Jika ginjal mengalam gangguan, maka akan terjadi penumpukan kotoran dalam darah yang akan berakibat pada kulit yang terasa gatal. Bahkan rasa gatal ini bisa sampai menyebabkan berdarah.
  2. Sesak nafas
    Akibat adanya penyakit ginjal, maka cairan yang berlebih dapat menutup anggota tubuh lain seperti paru-paru sehingga menyebabkan sesak nafas. Atau bisa juga disebabkan karena anemia sehingga oksigen di dalam tubuh juga semakin berkurang.
  3. Tubuh kedinginan
    Penyakit ginjal dapat menyebabkan penderitanya kekurangan sel darah marah. Akibat kekurangan darah inilah, maka seorang penderita gagal ginjal bisa merasa sangat kedinginan bahkan sampai menggigil.
  4. Sakit kepala dan sulit berkonsentrasi
    Karena kurangnya pasokan oksigen di dalam tubuh, maka secara otomatis aliran oksigen ke dalam otak juga akan berkurang. Hal inilah yang menyebabkan penderita ginjal akan mengalami sakit kepala dan sulit untuk berkonsentrasi.
  5. Sakit di sekitar daerah pinggang
    Apabila terdapat batu ginjal dalam penyakit ini, maka penderita biasanya akan mengalami sakit pada bagian pinggang. Penyakit ginjal yang sudah menunjukkan tanda seperti ini berarti penyakit tersebut bisa dikatakan sudah cukup kronis.

Pengobatan penyakit ginjal

Sakit ginjal bisa disembuhkan secara medis maupun secara tradisional. Secara medis, biasanya dilakukan pengobatan dengan cara cuci darah. Cuci darah yang dilakukan biasanya rutin dan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit yang satu ini. Namun apabila ginjal sudah mengalami kerusakan secara permanen, maka alternatif lain dengan transpalantasi ginjal

Selain bisa diobati secara medis, beberapa orang biasanya memilih pengobatan secara tradisional. Pengobatan penyakit ginjal secara tradisional bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi beberapa tanaman herbal. Tanaman herbal yang bisa digunakan antara lain jelly gamat, jus kulit manggis, jinten hitam dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui gejala atau tanda-tanda dan pengobatan penyakit ginjal. Alangkah lebih baiknya jika anda melakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk mendeteksi adanya penyakit ini di dalam tubuh. Jangan sampai anda baru mengetahuiya saat penyakit sudah cukup kronis karena tentunya bisa membahayakan diri anda sendiri. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda seputar gangguan-gangguan pada organ ginjal.

2 komentar

mksh infonya...menjaga dari awal semoga tdk terkena penyakit ginajl

sama-sama..
mencegah lebih baik dari mengobati :)

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon