Cara Mengobati Luka Agar Cepat Sembuh dan Kering - Semua orang selama hidupnya tentu pernah mengalami luka di sekitar tubuhnya baik itu karena terjatuh, terkena benda tumpul/tajam, dan sebab-sebab lainnya. Tetapi tentu saja tidak ada orang yang dengan sengaja melukai dirinya sendiri, selain rasanya yang sakit/perih, adanya luka di tubuh akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari yang biasa kita lakukan.

Lama waktu yang dibutuhkan sampai luka benar-benar sembuh dan kering sangat dipengaruhi oleh cara kita merawat dan mengobati luka tersebut. Bagi Jika Anda rajin untuk mengobatinya, tentu saja luka akan semakin cepat untuk sembuh dan kering. Namun sebaliknya jika Anda malas-malasan untuk mengobatinya, luka akan semakin lama untuk sembuh dan bukan tidak mungkin akan menjadi semakin parah.

cara mengobati luka

Jika Anda tidak tahu cara mengobati luka yang benar, berikut adalah beberapa cara untuk mengobati luka agar cepat sembuh dan kering yang bisa kalian coba:

1. Terlebih dahulu bersihkan luka menggunakan air, terutama jika Anda terjatuh pada tempat yang kotor. 

2. Gunakan rivanol, rivanol sangat bermanfaat untuk mengobati luka. Karena rivanol dapat memiliki fungsi yaitu untuk menghambat pertumbuhan kuman pada luka dan tentu saja untuk membersihkan kotoran yang ada pada luka.

3. Gunakan obat penyembuh luka, banyak obat yang tersedia untuk menyembuhkan luka mulai dari yang alami atau obat tradisional sampai yang dibuat menggunakan bahan kimia.
Contoh bahan alami yang terkenal dan bisa Anda gunakan adalah minyak tawon, namun ada beberapa bahan lain yang banyak orang belum tahu, seperti:
1. Daun petai cina, caranya yaitu dengan menumbuk daun petai cina sampai mengeluarkan air. Air tersebut Anda usapkan ke sekitar luka. Ingat bersihkan luka sebelum mengusapkannya.
2. Daun penisilin, daun yang mirip dengan daun pepaya ini juga bisa digunakan untuk mengobati luka. Caranya mirip dengan menggunakan daun petai cina.
3. Bubuk kopi, caranya adalah dengan menaburkan bubuk kopi pada luka, tipis namun merata. Lakukan sebanyak 3 kali sehari. Setelah menaburkan bubuk kopi jaga luka agar tetap kering.

4. Hindari luka dengan air, karena air yang berlebih akan menghambat proses penyembuhan luka.

Peran makanan juga tidak kalah penting dalam proses penyembuhan luka, usahakan selalu makan makanan yang bergizi guna mempercepat luka agar lekas sembuh dan kering. 

Sekian artikel saya mengenai cara mengobati luka agar cepat sembuh dan kering, terimakasih dan selamat mencoba.

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon