Penyakit anemia merupakan keadaan dimana menurunnya kadar hemoglobin (HB) atau yang sering disebut dengan sel darah merah. Pada keadaan normal kadar hemoglobin wanita dewasa berkisar antara 12 – 16 mg/dl sedangkan pria dewasa antara 14 – 18 mg/dl dan pada bayi 20 – 22 mg/dl. Kadar sel darah merah yang kurang dari normal sangat membahayakan kesehatan karena fungsi utama sel darah merah adalah sebagai alat transportasi oksigen dan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Penyebab terjadinya penyakit anemia atau menurunnya kadar sel darah merah dalam tubuh akibat berkurangnya asupan nutrisi terutama zat besi, gangguan pembentukan sel darah merah, pendarahan dan menurunnya kualitas tidur.
Penyebab dan Pencegahan Penyakit Anemia

Gejala Penyakit Anemia

Penderita anemia atau kurangnya zat besi ditandai dengan gejala badan berasa lemah, cepat lelah, lesu, kurang energi, menurunnya konsentrasi dan nafsu makan, sakit kepala, pusing serta pandangan berkunang-kunang biasanya terjadi pada waktu duduk kemudian langsung berdiri. Selain itu gejala lain pada penderita anemia yakni tampak pucat pada kelopak mata, wajah, bibir dan ujung jari.

Dalam beberapa bentuk anemia berat, kadar itu bisa dibawah 30% atau 5 gram setiap 100 ml. Karena hemoglobin mengandung besi yang diperlukan untuk mengikat oksigen, maka dapat dimengerti bahwa keadaan seperti ini memperlihatkan gejala kekurangan oksigen seperti napas pendek. Ini merupakan salah satu gejala anemia kekurangan zat besi.

Pencegahan Anemia

Pencegahan merupakan cara terbaik sebelum anda mengalami gejala penyakit anemia. Adapun cara pencegahannya adalah sebagai berikut:
  • Menjaga agar dalam tubuh selalu tersedia asupan zat besi yang tujuannya untuk pembentukan sel darah merah.
  • Makan makanan bergizi
    Zat besi banyak terkandung pada makanan, baik makanan nabati maupun hewani. Seperti: beras merah, kentang, kacang-kacangan, buah apel, jambu, pepaya, ikan, telur, susu, hati dan daging.
  • Bagi ibu hamil, periksalah kehamilan pada tenaga medis secara teratur.
  • Untuk bayi agar selalu menjaga asupan ASI.
  • Istirahat yang cukup dan teratur.
Makanan yang mengandung zat besi penting untuk mereka yang membutuhkan zat besi tinggi seperti pada anak-anak/bayi, ibu hamil dan wanita menstruasi. Zat besi yang cukup juga penting untuk vegetarian dan atlet.

Menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat serta menjaga keseimbangan asupan nutrisi seimbang sangat penting untuk menjaga anda agar selalu terhindar dari bahaya penyakit anemia.