Siapa tak kenal buah manggis? Buah tropis ini terkenal dengan aroma harum, bentuk unik dan rasa asam manis segarnya. Akan tetapi, apakah Anda tahu bahwa manfaat buah manggis juga sangat berlimpah? Baik daging buah maupun kulitnya ternyata memiliki khasiat gizi dan bahkan suplemen kesehatan bagi kita.

Manfaat Buah Manggis

Buah manggis yang mengandung banyak air bisa menjadi pelepas dahaga di siang yang panas. Jika ditinjau dari zat gizinya, buah manggis banyak mengandung vitamin C, yang terkenal sebagai elemen penting untuk mempertahankan tubuh dari penyakit terkait lemahnya auto imun seperti flu, pilek, panas dalam dan sariawan.

Manfaat Buah dan Kulit Manggis untuk Kesehatan

Salah satu keunikan dari buah manggis adalah adanya efek diuretik (ingin buang air kecil) yang dirasakan orang setelah mengonsumsinya. Dengan demikian, jika banyak makan buah manggis, bisa terhindar dari penyakit ginjal karena proses buang air kecil menjadi lancar. Tentu saja ini harus diimbangi dengan banyak minum dan tidak menahan air seni.

Manfaat buah manggis lainnya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan seratnya bisa membantu usus untuk menyerap nutrisi dengan lebih baik, membuat proses pembuangan kotoran menjadi lebih lancar dan buang air besar menjadi teratur. Untuk jangka panjang, buah manggis dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan lebih efektif karena sistem pencernaan anda lebih sehat.

Kemudian, buah manggis mengandung senyawa katekin dan antimikorbial yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung bahkan kanker. Tidak mengherankan, jika jus buah manggis akhir-akhir ini banyak dipromosikan sebagai obat penyembuh berbagai penyakit, termasuk penyakit degenartif.

Manfaat Kulit Manggis

Selain buahnya, kulit manggis kini juga meraih kepopuleran sebagai suplemen kesehatan. Antioksidan alami manggis ternyata banyak menumpuk di kulit dalamnya yang berwarna ungu muda atau kemerahan. Berikut adalah beberapa manfaat kulit manggis dari senyawa yang dikandungnya:
  • Fungsi antioksidan dan pelindung dari radikal bebas serta penyakit terkait lemahnya kondisi auto imun. Itu berarti, ada penurunan resiko terserang penyakit jantung dan kanker kulit. Hal ini didapat dari zat antosianin.
  • Fungsi anti peradangan dan anti kanker. Hal ini didapat dari kelompok senyawa xanthone, terutama alfa mangostin.
  • Fungsi penghambat diare dan penurun resiko wasir serta penyakit terkait pencernaan lainnya. Hal ini didapat dari zat tannin.
  • Fungsi anti bakteri. Kulit manggis dikenal memiliki senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, termasuk jenis bakteri Staphylococcus aureus yang terkenal tahan penisilin.
Beberapa manfaat kulit manggis dan buah manggis lainnya juga telah diterapkan pada berbagai produk kecantikan seperti suplemen diet, sabun dan sabun wajah. Hal ini karena ekstrak manggis dikenal bisa melembutkan kulit, mengurangi efek buruk radikal bebas pada rona kulit dan mengurangi jerawat.

Konsumsi Buah Manggis

Untuk mendapat manfaat buah manggis secara maksimal, anda dianjurkan mengkonsumsi 3 gram manggis secara rutin setiap hari atau setiap 2 hari sekali. Akan tetapi, buah manggis bisa sulit ditemukan karena termasuk buah musiman. Selain itu, konsumsi lebih dari 3 gram per hari dapat menimbulkan gangguan pencernaan karena asupan kandungan tannin yang berlebihan.

Cara untuk memperoleh manfaat buah manggis dan kulitnya secara maksimal adalah mengonsumsi suplemen. Saat ini, suplemen kulit dan buah manggis dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, baik yang berupa minuman cair maupun kapsul. Saat ini, ada juga produk kecantikan seperti sabun wajah yang dibuat dari kulit manggis, sehingga bisa dijadikan alternatif perawatan kecantikan. Sungguh suatu kebanggaan karena Indonesia kaya akan tanaman buah dengan khasiat yang melimpah untuk kesehatan.

1 komentar:

setiap hari aku lihat manggis entah rasanya berapa kali makannya hehehe

Tinggalkan Pesan Anda
EmoticonEmoticon